Kamis, 06 Januari 2011

Menyusun rencana Pemasaran yang kuat

Nama : Yuli yanti
Npm : 31208464
Kelas : 3 dd 03

Menyusun Rencana Pemasaran yang kuat
Konsep marketing merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Baik peluang usaha baru maupun usaha yang telah lama dirintis, baik usaha kecil maupun usaha yang telah berkembang sekalipun. Semuanya membutuhkan konsep marketing untuk mengembangkan usaha yang dijalankan. Berbicara tentang konsep marketing, maka sesungguhnya kita sedang membicarakan bagaimana strategi pemasaran produk yang kita jual.
Hal itu pulalah yang dihadapi oleh usaha kecil yang saat ini banyak bermunculan. Merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik minat konsumen pada usaha kecil masih sangatlah sulit. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha kecil tentunya dengan focus pada stategi pemasaran.
Dengan terbatasnya anggaran marketing yang dimiliki usaha kecil, bukan berarti menjadikan usaha kecil kalah dengan usaha skala besar. Untuk itu kita harus lebih kreatif dengan anggaran biaya yang minim untuk menghasilkan strategi pemasaran yang tepat. Berikut beberapa cara untuk mengoptimalkan pemasaran dengan anggaran terbatas :
1. Bekerjasama dengan pengusaha atau rekan Anda untuk pemasangan iklan
2. Mencoba mengirimkan penawaran produk kepada pelanggan serta memberikan potongan harga untuk paket pembelian tertentu.
3. Perkenalkan produk dan usaha Anda melalui media gratis, hal ini akan membantu pencarian para konsumen tentang produk yang Anda tawarkan. Misalnya saja publikasi melalui internet.
4. Libatkan lingkungan yang ada disekitar usaha Anda, dalam salah satu kegiatan yang usaha Anda laksanakan. Ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara publikasi gratis kepada masyarakat sekitar.
Selain itu beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun stategi pemasaran untuk usaha kecil yaitu sebagai berikut :
1. Konsistensi
Dengan adanya konsistensi terhadap semua area marketingnya, dapat membantu mengurangi biaya marketing dan meningkatkan efektivitas penciptaan merek.
2. Perencanaan
Perencanaan konsep marketing yang akan dijalankan usaha kecil sangat mempengaruhi banyaknya pelanggan yang diperoleh. Oleh karena itu luangkan waktu untuk merencanakan stategi marketing, anggaran marketing, serta konsep lainnya yang berhubungan dengan pemasaran.
3. Strategi
Strategi merupakan dasar untuk kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan, misalnya siapa target pasar, bagaimana usaha kecil membidik pelanggan, dan bagaimana cara menjaga konsumen yang ada sebagai pelanggan tetap.
4. Target Market
Mendefinisikan secara tepat pangsa pasar yang dituju, dengan memilih satu atau lebih dari segmen pasar yang akan dimasuki. Target pasar yang jelas akan membuat konsep marketing lebih mudah dilaksanakan.
5. Anggaran
Menghitung anggaran marketing merupakan bagian yang berat dan membutuhkan keakuratan hasil hitungan. Dari anggaran yang dibuat, dapat dipersipkan dana yang akan dibutuhkan untuk pemasaran. Biasanya usaha kecil membuat anggaran dengan tidak terlalu akurat, sehingga terjadi pemborosan.
6. Marketing Mix
Marketing mix biasanya dijelaskan sebagai produk, harga, tempat, dan promosi. Sebagai pengusaha kecil, perlu memutuskan dengan spesifik produk (atau jasa), harga yang sesuai, dimana dan bagaimana Anda akan mendistribusikan produk Anda, dan bagaimana orang lain dapat mengetahui tentang produk yang ditawarkan.

7. Website
Saat ini bisnis apapun termasuk usaha kecil usahakan memiliki website, karena hampir 60% konsumen datang dari informasi dari internet. Sehingga informasi produk melalui website pun sangat mendukung peningkatan jumlah pelanggan yang tertarik dengan produk Anda.
8. Branding
Branding adalah bagaimana konsumen menerima produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut. Terkadang usaha kecil selalu melupakan kebutuhan brand untuk pengenalan gambar, logo, bahkan produk yang usaha kecil hasilkan.
9. Promosi dan iklan
Promosi dan iklan merupakan konsep marketing yang harus dipertimbangkan pada berbagai bsnis dan produk, termasuk pada usaha kecil. Promosi dan iklan yang baik akan menghasilkan pengakuan brand yang efektif hingga mampu meningkatkan penjualan.
10. Customer Relationship Management
Pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang tepat menjadi salah satu hal penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten. Misalnya saja dengan membuat kartu membership, dan memberikan potongan harga tertentu bagi para member.
Ingat, bahkan sebuah usaha bisa hancur jika strategi pemasaran yang diterapkan tidak tepat. Oleh karena itu, review kembali konsep pemasaran dan rencana strategi pemasaran Anda, agar usaha Anda dapat berkembang lebih cepat dan tepat.
Sumber gambar : http://www.isb.edu/isbinsight/Insight_Sep07/images/marketing-3.jpg
Bagi beberapa perusahaan, marketing plan hanya dianggap sebagai ritual tahunan¬¬¬ dibuat, lalu disimpan di lemari. Padahal dari beberapa riset yang sangat scientific dikatakan bahwa ada korelasi yang sangat jelas antara pembuatan marketing plan dengan kesuksesan suatu perusahaan.
Apalagi di jaman sekarang, dimana lanskap bisnis begitu cepat berubah. Perusahaan yang tidak membuat marketing plan jelas akan ketar-ketir menghadapinya.
Ada beberapa alasan. Pertama, teknologi yang begitu cepat berubah telah membuat siklus hidup suatu produk semakin pendek.. Tanpa perencanaan yang baik, produk kita akan habis oleh kompetitor yang hadir dengan teknologi canggih.
Kedua, bisnis telah memasuki era liberalisasi. Deregulasi, perdagangan bebas, tingkat kemudahan untuk masuk ke suatu bisnis, dan sebagainya telah mendorong kompetisi yang semakin ketat dengan kompetitor yang semakin agresif.
Ketiga, pasar semakin terbagi-bagi Setiap pasar harus diberlakukan berbeda. ”Semua semakin niche,” ucap Jacky. Dan alasan keempat adalah semakin canggihnya pelanggan. Pelanggan sekarang memiliki akses informasi yang sangat luas sekali, hal ini didorong oleh teknologi internet yang berkembang pesat. Selain itu, pelanggan sekarang memiliki lebih banyak pilihan produk. yang membuatnya semakin menuntut dan tidak loyal terhadap suatu merek.
Untuk menyiasati hal tersebut di atas, Jacky Mussry menggarisbawahi empat hal yang harus dimiliki ketika menyusun marketing plan sehingga hasilnya baik. Pertama, memiliki latar belakang pemasaran yang kuat. Datanya bisa didapat dari eksternal, internal, secara kualitatif maupun kuantitatif.
Kedua, memberikan arah yang jelas. ”Arahan ini harus menggambarkan secara tegas apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan perusahaan,” tutur Jacky. Lanjutnya, Jacky mengatakan bahwa sumber daya kita terbatas, sehingga kita harus hati-hati memanfaatkannya agar sumber daya kita tidak habis terbuang.
Ketiga, ketika dieksekusi dapat menciptakan penjualan dan keuntungan. ”Sales tidak akan ada gunanya jika tidak bisa menghasilkan profit,” imbuh Jacky.
Keempat, bisa dievaluasi dari waktu ke waktu. Mengutip pada perkatan Norton dan Kaplan, pengarang buku The Balance Scorecard: Turning Strategy into Action, kita tidak bisa mengatur sesuatu yang tidak jelas ukurannya. Sehingga pengukuran menjadi begitu penting untuk melakukan evaluasi.
Dengan mengingat empat hal diatas, maka penyusunan 7 langkah marketing plan yakni tinjauan bisnis, strategi pemasaran, target penjualan, bauran pemasaran, finansial-bujet, eksekusi, dan evaluasi akan menjadi lebih mudah, lebih akurat, dan lebih menghasilkan untung. Sehingga marketing plan tidak hanya menjadi ritual semata, melainkan sebagai alat untuk melakukan pertarungan dalam memenangkan pasar. ”Sebelumnya saya tidak menganggap penting marketing plan, namun ini (forumred) membuka wawasan saya mengenai pentingnya membuat marketing plan,” kata salah seorang anggota forum yang enggan disebutkan namanya. (Markplus&Co)
mycopypast.blogspot.com/.../kiat-jitu-menyusun-marketing-plan.html
Menyusun sebuah rencana pemasaran merupakan sebuah peluang yang besar untuk melangkah lebih maju di luar bidang bisnis yang Anda tekuni dan cermati perkembangan yang sedang terjadi dalam industri di mana Anda bergerak. Dengan memahami pasar dan para pesaing dalam industri Anda, Anda bisa mempersiapkan dan merencanakan langkah Anda selanjutnya dengan lebih baik demi masa depan perusahaan. Berikut sejumlah unsur penting uang harus dicantumkan dalam rencana pemasaran:
Tujuan/ misi: Bagian ini memperkenalkan perusahaan pada pembaca dengan memaparkan tujuan dari penyusunan rencana pemasaran.
Pasar yang menjadi sasaran: Siapakah klien Anda? Jelaskan secara rinci ceruk pasar tertentu yang Anda garap. Juga jelaskan mengapa Anda memberikan produk atau jasa yang lebih baik dari produk/ jasa yang ditawarkan pesaing.
Riset pasar/ analisis pasar: Penelitian ini mencakup sebuah studi mendalam tentang industri dan tren yang sedang berkembang serta proyeksi masa datang. Analisis kelebihan dan kelemahan para pesaing teratas dalam industri Anda. Lakukan hal yang serupa untuk perusahaan Anda.
Produk / jasa : Buat sebuah daftar yang memuat produk dan jasa secara lengkap dan menyeluruh. Berikan keterangan dan spesifikasi yang diperlukan.
Strategi pemasaran : Jelaskan bagaimana Anda menggunakan promosi, periklanan, penjualan, positioning, dan pematokan harga untuk dapat menggarap pasar yang disasar dengan lebih efisien.
Anggaran pemasaran : Definisikan seberapa banyak uang yang Anda akan investasikan dalam pemasaran dan promosi produk Anda di setiap jangka waktu triwulan atau tahun. Urai anggaran ke dalam beberapa kategori yang lebih spesifik misalnya periklanan, promosi, dan teknologi.
bidang pemasaran merupakan salah satu bidang yang paling beragam yang menawarkan berbagai pilihan karir individu. Pemasaran, hari ini, dianggap sebagai unsur yang paling penting bahwa bahan bakar kemajuan perusahaan. Penjualan menjadi sopir pendapatan perusahaan, pemasaran merupakan faktor yang mendorong penjualan dengan menawarkan visibilitas yang lebih tinggi dan mencapai lebih besar untuk penonton. Sebuah bisnis mungkin sebuah perusahaan kecil dengan anggaran keuangan terbatas atau perusahaan skala besar dengan cadangan keuangan yang kuat, akan selalu membutuhkan kombinasi mencolok dari dua elemen, penjualan dan pemasaran
Marketig sangat penting untuk menghasilkan. penjualan, pembangkit tenaga listrik pendapatan untuk semua jenis organisasi. Untuk meninggalkan dampak pada pasar dan untuk memberikan kontribusi penjualan, pemasaran merupakan fungsi mendasar. Hal ini sangat penting bahwa jika dilakukan dengan cara yang benar, dapat mengangkat penjualan dan akhirnya, pendapatan perusahaan, tetapi jika tidak, mungkin menghalangi bahkan kekuatan perusahaan. Dalam Pemasaran pekerjaan, perusahaan yang menyediakan posting berbeda seperti Konsultan Pemasaran, Marketing Manager, Direktur Pemasaran, Pemasaran Online Spesialis, dll

Konsultan Pemasaran
Sebagai terhadap keyakinan bahwa karir di konsultan tidak memiliki banyak ruang, memegang banyak potensi dalam jangka panjang. Dari bisnis besar untuk perusahaan kecil, setiap perusahaan mencari nasihat tentang penanganan citra mereka dan reputasi di pasar. Mereka membutuhkan bantuan dalam menyusun strategi pemasaran; untuk menjalankan iklan yang sesuai dan kampanye promosi, untuk menggunakan inisiatif pemasaran hasil berorientasi dan datang dengan cara-cara inovatif untuk meningkatkan penjualan. Seorang konsultan pemasaran adalah spesialis dalam mekanisme pemasaran yang membantu dalam semua fungsi dan dalam menjawab permintaan terkait.
Manajer Pemasaran
Dalam suasana dinamis saat ini, setiap perusahaan kebutuhan manajemen pemasaran yang tepat dan sebagainya, hampir semua dari mereka memiliki departemen pemasaran yang terpisah. Dalam rangka mengatasi kebutuhan pemasaran, bisnis membutuhkan manajer yang dapat mengelola dan memantau semua kegiatan dan strategi mekanisme yang sedang dibangun dan dilaksanakan oleh mereka. Para manajer pemasaran memegang tanggung jawab penuh dari menyusun rencana pengelolaan untuk memperluas penjualan dan fungsi-fungsi pemasaran lebih lanjut.
Direktur Pemasaran
Asisten Direktur Pemasaran diharapkan untuk memberikan dukungan kepada mekanisme pemasaran dan iklan diikuti oleh organisasi. Pekerjaan meliputi membuat survei, menciptakan cara-cara baru dan inovatif pemasaran dan datang dengan tren pemasaran baru. Dia / Dia juga diperlukan untuk dokumen pemasaran dan penjualan mekanisme kemajuan perusahaan. Satu mencapai tingkat Direksi Pemasaran setelah memperoleh pengalaman yang luas dengan menghabiskan berbagai tahun dalam profesi.
Online Marketing Spesialis
Ada potensi besar di bidang pemasaran online atau internet sebagai industri ini sangat luas. Dalam waktu saat ini, penetrasi internet sangat tinggi, sehingga membuatnya menjadi media yang sangat penting dari pemasaran dengan jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan sumber-sumber pemasaran. Seperti pemasaran sangat penting bagi setiap bisnis yang menawarkan berbagai jenis produk dan jasa, begitu juga internet marketing penting untuk fungsi pemasaran. Internet marketing merupakan sumber yang sangat kuat dari generasi pendapatan seperti yang dikunjungi oleh jutaan orang setiap hari. spesialis pemasaran online yang diperlukan untuk merancang rencana baru dan inovatif untuk meningkatkan penjualan melalui internet dan dibayar insentif dan bonus yang sesuai.
Pemasaran profesional biasanya terlibat dalam pemasaran 10 jenis entitas: barang, pengalaman, jasa, event, tempat, properti, orang, informasi, organisasi, dan ide. Mereka terlibat dalam mengembangkan kampanye pemasaran yang mempromosikan produk organisasi, layanan atau tanggung jawab

http://www.articlesbase.com/business-ideas-articles/scope-of-career-in-marketing-1954421.html”>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar