Kamis, 06 Januari 2011

Indonesia Posisi Kedua Tujuan Bisnis Ukm Singapura

Indonesia menempati posisi kedua yang menjadi tujuan utama bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) Singapura ke luar negeri, sedangkan Malaysia menempati posisi teratas dan Thailand di posisi ketiga.
Lebih dari separuh UKM Singapura melakukan bisnis di luar negeri, menurut survei yang dilakukan perusahaan jasa informasi bisnis dan kredit. Cina muncul sebagai pilihan keempat terpopuler bagi UKM Singapura, tulis survei yang dibuat oleh DP Information Group tersebut.
Hasil survei meyebutkan pula, sebanyak 37% responden memperlihatkan keraguan mereka atas kondisi persaingan usaha di luar negeri. Hambatan lainnya adalah kurangnya kontak bisnis di luar negeri (36%) dan ketidakpastian kondisi ekonomi di luar negeri (31%).
Sementara perbaikan hubungan dengan Malaysia, pemulihan kondisi pasar di Indonesia dan Thailand, mendorong peningkatan jumlah usaha patungan UKM di negara-negara tersebut meningkat sekitar 10%, kata survei tersebut.
Ketika memutuskan untuk melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri, UKM yang bergiat di sektor perdagangan dan manufaktur lebih memilih untuk melakukan ekspor atau menunjuk agen dan distributor di luar negeri.
Sementara perusahaan di sektor keuangan, konstruksi dan jasa cenderung untuk membentuk anak perusahaan atau cabang di luar negeri.
Hampir 62% dari responden yang mempunyai kegiatan operasi di luar negeri mengaku, mereka mengalami kesulitan pendanaan di pasar-pasar luar negeri pada dua tahun terakhir ini. Buruknya status jaminan kredit disebut sebagai penghambat untuk memperoleh dana eksternal.
berita.kapanlagi.com/.../indonesia-posisi-kedua-tujuan-bisnis-ukm-singapura-nkdrhbx.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar