Jumat, 15 Oktober 2010

makalah pemasaran UKM

Makalah Pemasaran UKM










Nama : Yuli Yanti
Npm : 31208464
Kelas : 3 dd 03




UNIVERSITAS GUNADARMA
2010
PENDAHULUAN
UKM merupakan salah satu pelaku ekonomi yang kuat dan ulet. Meskipun demikian UKM tidak terlepas dari dampak gejolak pasar dam amrukan system perbankan nasional. Diperkirakan di masa depan UKM akan cukup berhasil menyesuaikan diri dengan lingkungan ekonomi yang cepat berubah dan dapat meningkatkan posisi daya saing bukan hanya dalam pasar local tetapi juga Dalam mendorong aktivitas ekspor yang pada akhirnya akan lebih mendorong pengembangan perekonomian daerah. Pemulihan ekonomi dalam perekonomian daerah akan lebih cept tercapai apabila peran UKM dapat lebih ditingkatkan dan berbagai kendala internal yang melilit UKM seperti perkreditan dan permodalan dapat dicarikan solusi yang pas dan akurat.
Perkreditan dan permodalan bagi pengembangan UKM sering menjadi kendala, karena UKM sangat terbatas kemampuannya untuk mengakseskan terhadap lembaga perkreditan atau perbankan. Realitas menunjukkan bahwa UKM pada umum nya mengalami masalah dalam memenuhi berbagai persyaratan untuk mendapatkan kredit yang biasanya diukur dengan 5C, yaitu: character,capacity, capital, collateral, dan condition.
Usaha Kecil Menengah adalah Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.







UKM Es Cendol
Siapa yang tidak kenal es cendol , ini adalah minuman khas indonesia yang cukup merakyat . Saking merakyatnya es cendol kemasannya dari dulu sampe sekarang penyajian dan kemasannya sama. Dulu, kita banyak menjumpai orang jualan es cendol dengan sepeda ataupun di panggul . Kita bisa beli dipinggir2 jalan dan tempat minum es cendol biasanya gelas atau mangkok . Sesuai perkembangan jaman dan supaya kelihatan lebih modern es cendol pun bisa di bawa lebih modern dengan mengubah kemasan dan cara penyajiannya.
Dengan tampilan lebih modern dengan bentuk stand dan wadahnya pun bukan lagi plastik bening namun sudah dengan cup tak kalah dengan tampilan minuman yang sedang tren saat ini. Nampaknya minuman rakyat yang satu ini ingin dinaikkan derajatnya. Sebagaimana yang kini dilakukan oleh Pak Daman yang menciptakan sebuah produk pengganti santan untuk kuah es cendol dengan jus kelapa. Dinamakan demikian sebab produk tersebut terdiri dari campuran santan, gula merah plus rasa tambahan dalam satu bungkus.
Terciptanya varian olahan turunan kelapa ini membutuhkan sistem pemasaran yang tepat. Dengan sedikit diakali merubah tampilannya dan menjualnya dalam bentuk sudah siap santap ditambah adanya varian rasa durian, cocopandan dan natural tak pelak es cendol seharga Rp2000 bisa terjual Rp5000.
Usaha cendol tak membutuhkan keahlian khusus. Usaha yang sekarang di tekuni Pak Daman berpenghasilan sebulan mencapai Rp.7.000.000 bayang kan hanya dengan menjual es cendol bisa mencapai angka yang begitu fantastis, menurut pak daman siapapun bisa menjadi juragan cendol asal harus benar-benar ditekuni dan harus optimis jika kita bisa sukses seperti orang-orang di luar sana.




KESIMPULAN
Usaha es cendol pak daman adalah minuman yang mempertahankan ciri khas Indonesia, minuman tradisional ini tadi nya hanya di pandang sebelah mata oleh masyarakat, tapi oleh tangan Pak Daman es cendol yang tadi nya biasa-biasa saja kini menjadi luar biasa, karena pak daman tidak henti-henti nya berinovasi. Hasilnya hanya dengan modal yang relative kecil, tapi, keuntungan nya sangat sangat luar biasa.
Kini pak daman menjadi seorang pengusaha sukses dari hasil berjualan es cendol, kunci sukses pak daman adalah sabar, bekerja keras, berusaha, berdoa serta selalu optimis dan tidak takut kegagalan dalam berwirausaha.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar